Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Sholat Sunnah dan Niatnya

Sholat sunnah, dalam bahasa Arab biasa dikenal dengan sholat al-Nafl. Pengertian shalat sunnah menurut bahasa adalah tambahan. Sementara pengertian sholat sunnah menurut terminologi fiqih ialah sholat yang dianjurkan untuk dilaksanakan dan boleh ditinggalkan. 

Sholat sunnah berfungsi sebagai penyempurna kekurangan dalam sholat fardhu. Bahkan, nanti diakhirat, sholat sunnah berguna sebagai pengganti sholat fardhu yang pernah ditinggalkan kala di dunia. Setiap 70 rakaat sholat sunnah bernilai satu rakaat sholat fardhu.

Macam-macam Sholat Sunnah dan Niatnya


Macam-macam Sholat Sunnah dan Niatnya

Ditinjau dari segi pelaksanaannya, sholat sunnah terbagi menjadi dua ;

1. Sholat sunnah yang tidak dianjurkan dilaksanakan dengan berjamaah

Sholat kategori ini berujumlah 12, yakni ;

  1. Sholat rawatib 
  2. Sholat hajat
  3. Sholat witir 
  4. Sholat tasbih
  5. Sholat dhuha 
  6. Sholat wudhu
  7. Sholat tahiyyatul masjid 
  8. Sholat awwabin
  9. Sholat istikharah 
  10. Sholat sunnah mutlak
  11. Sholat tahajud 
  12. Sholat taubat

Dari dua belas sholat diatas, yang akan kami bahas ialah sholat-sholat yang biasa dilaksanakan dan masyhur dikalangan masyarakat, yakni poin 01 sampai 08.

2. Sholat sunnah yang dianjurkan dilaksanakan berjamaah

Sholat kategori ini berujumlah 04, yakni ;

  1. Sholat hari raya ied
  2. Sholat istisqo’
  3. Sholat gerhana 
  4. Sholat Tarawih

Sholat Sunnah Yang Tidak Dianjurkan Dilaksanakan Dengan Berjamaah

1. Sholat Rawatib

Sholat rawatib ialah sholat sunnah yang dilaksanakan mengiringi sholat fardhu, baik sebelumnya (qobliyyah) atau sesuadahnya (ba’diyyah). Jumlahnya ada 22 rakaat, yang sepuluh rakaat muakkad (sangat dianjurkan) dan yang dua belas ghoiru muakkad (dianjurkan)

Sepuluh Raka’at Yang Muakkad Adalah :

  1. Dua rakaat sebelum sholat fardhu Shubuh
  2. Dua rakaat sebelum sholat fardhu Dzuhur atau sholat Jum’ah
  3. Dua rakaat sesudah sholat fardhu Dzuhur atau sholat Jum’ah
  4. Dua rakaat sesudah sholat fardhu Maghrib
  5. Dua rakaat sesudah sholat fardhu Isya’

Sedangkan Dua Belas Yang Ghoiru Muakkad Adalah :

  1. Dua rakaat sebelum sholat fardhu Dzuhur atau sholat Jum’ah
  2. Dua rakaat sesudah sholat fardhu Dzuhur atau sholat Jum’ah (sebagai tambahan yang muakkad)
  3. Empat rakaat sebelum sholat fardhu Ashar
  4. Dua rakaat sebelum shoal fardhu Maghrib
  5. Dua rakaat sebelum sholat fardhu Isya’

Berikut kami sebutkan niat-niat sholat sunnah Qobliyyah maupun Ba’diyyah :

Niat sholat Qobliyyah

أُصَلِّى سُنّةَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيّةً ِللهِ تَعَالىَ

Niat sholat Ba’diyyah

أُصَلِّى سُنّةَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً ِللهِ تَعَالىَ

Pada lafadz yang bergaris bawah, bisa diganti dengan sholat dan jumlah rakaat yang sesuai, seperti maghrib, isya’, subuh dan ashar”.

2. Sholat Witir

Witir merupakan sholat sunnah muakkad yang paling utama dibanding dengan sholat sunnah yang lain. Waktu pelakasanaannya sesudah melaksanakan sholat Isya’ sampai sebelum terbitnya fajar shadiq walaupun sholat Isya’nya dilaksanakan dengan jamak takdim. Baca juga >> Tata cara shalat jamak takdim dan takhir

Jumlah rakaat yang bisa dijalankan dalam sholat witir ialah rakaat dengan hitungan ganjil, sesuai dengan ma’na witir yang berarti ganjil. 

Minimal satu rakaat, sedangkan batas maksimalnya sebelas rakaat. Jika musholli melaksanakan sholat witir tiga rakaat maka boleh baginya langsung melaksanakannya dengan satu kali salam, namun yang lebih utama dilaksanakan dengan dua kali salam, karena terdapat tambahan fadhilah disebabkan lebih banyaknya gerakan yang di lakukan semisal melaksanakan salam dua kali. 

Disamping itu, jika dilaksanakan dalam satu salam, boleh baginya melaksanakan tahiyyat dua kali, yaitu pada rakaat kedua dan ketiga, namun yang lebih afdhol dengan satu tahiyyat agar tidak menyamai dengan sholat maghrib.

Sholat witir sunnah dijadikan sebagai sholat penutup pada malam hari atau dengan kata lain sholat terakhir yang dilaksanakan pada malam itu, namun jika sesudah melaksanakannya ia kembali melaksanakan sholat tahajjud maka ia tidak boleh melaksanakan witir lagi.

Pada bulan Ramadlan, sholat witir yang dilaksanakan pada tanggal 16 sampai 30 sunnah ditambah dengan qunut sebagaimana yang telah diterangkan dalam bab sholat.

Jika hendak melaksanakan sholat witir sebanyak 3 rakaat dengan dua kali salam , maka :

1. Kerjakanlah sholat dua rakaat dengan niat;

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ مِنَ الْوِتْرِ للهِ تَعَالىَ

Artinya : aku mengherjakan sholat dua rakaat witir semata-mata karena Alloh Ta’ala

2. Pada rakaat pertama, sesudah membaca surat Fatihah diteruskan dengan membaca surat al-‘a’la (sabbihisma rabbika al-‘a’la)

3. Pada rakaat kedua, sesudah membaca surat fatihah diteruskan dengan membaca surat al-kafirun( Qul ya ayyuhal-kafirun )

4. Kemudian sesudah salam, berdirilah untuk melaksanakan rakaat terakhir dengan niat;

ُأصَلِّي سُنَّةَ الْوِتْرِ رِكْعَةً ِللهِ تَعَالىَ

Artinya : aku mengherjakan sholat sunnah witir satu rakaat semata-mata karena Alloh Ta’ala

5. Setelah membaca surat fatihah, seterusnya membaca surat al-ikhlash dan mu’awwidzatain

6. Setelah salam rakaat ketiga, selanjutnya membaca wirid berikut ;

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسِ…….. 3×، سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ

Sedangkan do’a sesudah selesai sholat witir ialah:

اللَّهُمَّ إِنِّا نَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَاقَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَبِكَ مِنْكَ لاَ نُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ . اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنَّّا وُضُوْءَنَا وَصَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقِيَامَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَسْبِيْحَنَا وَتَحْمِيْدَنَا وَتَهْلِيْلَنَا وَتَكْبِيْرَنَا وَتَشَهُّدَنَا وَقِرَاءَتَنَا وَخُشُوْعَنَا وَتَضَّرُعَنَا وَلاَ تَضْرِبْ بِهَا وُجُوْهَنَا يَا إِلَهَ الْعَالَمِيْنَ وَيَا خَيْرَ النَّاصِرِيْنَ.

Jika sholat witir dilaksanakan pada bulan Ramadhan, maka ditambah do’a ini ;

اللَّهُمَّ بِمَا قَسَمْتَ لَنَا فيِ هَذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّرِيْفَةِ مِنْ كُلِّ رَأْفَةٍ وَرَحْمَةٍ أَعْتِقْ رِقَابَنَا وَرِقَابَ آبَائِنَا وَرِقَابَ أُمَّهَاتِنَا وَرِقَابَ أَجْدَادِنَا وَرِقَابَ جَدَّاتِنَا وَرِقَابَ مَنْ قَبْلَنَا وَمَنْ بَعْدَنَا مِنْ أُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ .

3. Sholat Dhuha

Sholat Dhuha ialah sholat yang dilaksanakan pada saat naiknya matahari setinggi tombak sampai waktu zawal (menjelang sholat dzuhur)

Jumlah rakaatnya minimal dua rakaat, boleh empat rakaat dan paling utama delapan rakaat. Pada rakaat pertama sunnah membaca surat Wassamsyi ( والشمس ) sedang pada rakaat kedua surat Wadl-Dluha ( والضحى ) untuk rakaat berikutnya, setiap rakaat pertama membaca surat al-kafirun (الكافرون) sedang pada rakaat kedua surat al-Ihlash (لإخلاص)

Adapun niatnya sebagai berikut :

اُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى َركْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالىَ

Sedangkan Do’a sesudah selesai sholat dluha ialah:

اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاؤُك وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُك وَالْجَمَالَ جَمَالُك وَالْقُوَّةَ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك وَعِصْمَتِكَ . اللَّهُمَّ آتِنِي مَا آتَيْتَ عِبَادَك الصَّالِحِينَ

4. Sholat Tahiyyatul Masjid

Sholat Tahiyyatul Masjid ialah sholat sunnah yang dianjurkan bagi seseorang yang masuk masjid sebagai penghormatan atas masjid. Meskipun berulang-ulang dalam tenggang waktu yang pendek.

Sholat tahiyyatul masjid minimal dilaksanakan dengan dua rakaat, namun boleh ditambah lebih dari dua rakaat dengan satu salam tiap dua rakaat. Pada rakaat pertama sunnah membaca surat al-kafirun dan pada rakaat kedua membaca surat al-Ikhlash. Tata cara sholatnya sebagaimana sholat biasa.

Adapun niatnya sebagai berikut :

أُصَلِّي سُنَّةَ تَحِيّةِ المَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالىَ

Hal–hal yang perlu diperhatikan Dalam Tahiyyatul Masjid :

a) Tidak harus diniati sholat tahiyyatul masjid, karena yang penting ialah terealisasinya penghormatan masjid dengan sholat apapun, baik sholat sunnah maupun sholat wajib

b) Sholat tahiyyatul masjid hukumnya makruh jika dia masuk masjid dan melihat imam sedang melaksanakan sholat fardhu sedangkan dia belum melaksanakan sholat fardhu tersebut. Yang lebih utama ialah mengikuti jamaahnya imam

c) Sholat tahiyyatul masjid dinyatakan faut (tidak bisa dilaksanakan lagi) jika :

  • Orang tersebut sudah terlanjur duduk, kecuali kalau dia lupa dan waktunya belum lama
  • Ketika khotib jum’ah telah naik mimbar, hal ini karena akan memberi kesan berpaling dari khotib, kecuali jika dia baru masuk masjid, maka boleh melaksanakannya dengan dipercepat.

d) Ketika khotib jum’ah naik mimbar disaat orang tersebut sedang melaksanakan tahiyyatul masjid, maka wajib untuk mempercepat sholatnya, (tidak boleh berlama-lama dan melebihi dua rakaat)

5. Sholat istikharah

Sholat istikharah dianjurkan bagi seseorang yang akan melaksanakan sesuatu, baik yang berhubungan dengan hal dunia atau akhirat. sedangkan ia pada waktu itu tidak mengetahui manakah yang lebih baik, apakah dilaksanakan atau ditinggalkan. 

Anjuran untuk melaksanakan sholat istikharah merupakan sunnah Nabi, sebagaimana di terangkan dalam hadits yang di ceritakan oleh qutaibah dalam kitab shohih Al Bukhari. Dalam hadits tersebut diceritakan bahwa nabi mengajarkan sholat istiharah pada para sahabat dalam setiap perkara .

Tehnis Pelaksanan Sholat Istikharah

Tata cara melaksanakan sholat istikharah ialah sebagai berikut :

1. Melakukan Sholat dua rakaat sebagaimana sholat-sholat biasa, dengan niat :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّهِ تَعَالَى

2. Membaca surat Al fatihah selanjutnya membaca surat Al-kafirun pada rakaat yang pertama, namun sebelum membaca surat Al-kafirun hendaknya membaca ayat :

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَخْتَارُ مَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ سُبْحَانَ اللَّهِ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ (68) وَرَبُّكَ يَعْلَمُ مَا تُكِنُّ صُدُورُهُمْ وَمَا يُعْلِنُونَ [القصص: 68، 69]

3. Membaca surat Al fatihah yang dilanjutkan dengan membaca surat Al ihlash pada rakaat yang ke dua. Namun, sebelum membaca surat Al-ikhlas hendaknya terlebih dahulu membaca ayat :

4. Setelah salam membaca do’a istikharah yang sangat mashur, yaitu :

Setelah selesai sholat istikharah, selanjutnya melaksanakan hal yang ia yakini baik, misalnya seseorang melaksanakan istikharah untuk mengetahui apakah yang baik ia nikah pada tahun ini atau tahun depan, sesudah dia melaksanakan istikharah, ternyata hatinya lebih memilih/terbuka untuk melaksanakan nikah pada tahun depan, maka hendaknya itulah yang ia kerjakan. 

Namun bila ternyata sesudah melaksanakan sholat istikharah pintu hatinya belum juga terbuka, mana yang lebih baik untuk dilaksanakan, maka ulangilah sholat istikharah beserta doanya, walaupun hingga lebih dari tujuh kali. 

Jika sesudah itu masih belum mendapatkan petunjuk dari Allah maka sebaiknya bersabar sampai ada kejelasan mana yang lebih baik, namun jika sudah tidak dapat bersabar lagi maka ia kerjakan saja hal yang mudah baginya, karena kemudahan itu juga merupakan tanda bahwa itulah yang terbaik.

6. Sholat Tahajud

Sholat tahajjud ialah sholat sunnah pada malam hari yang dilaksanakan sesudah tidur. Jumlah rakaatnya minimal dua rakaat dan maksimal tidak terbatas.

Waktunya mulai sesudah melaksanakan sholat isya’ sampai terbit fajar, namun dilaksanakan tengah malam lebih utama, dan melaksanakan sholat tahajjud di rumah lebih utama daripada di masjid. Bagi orang yang akan melaksanakan sholat tahajjud sunnah tidur qailulah (tidur pada waktu siang hari sebelum zawal)

Untuk cara shalat tahajud silahkan baca pada artikel tata cara shalat tahajud dan bacaannya

7. Sholat hajat

Bagi seorang yang mempunyai keinginan, baik keinginan tersebut berhubungan dengan hal duniawi atau ukhrowi dianjurkan untuk melaksanakan sholat hajat, tendensi hukum dalam melaksanakan sholat hajat diantaranya ialah bersumber dari sebuah hadist yang mengisahkan tentang datangnya seorang laki-laki buta pada Nabi Muhammad SAW, dan mengeluhkan kebutaan yang ia alami, sesudah Nabi bertanya apakah ia (laki-laki buta ) mampu bersabar, oleh laki-laki tersebut dijawab bahwasannya ia merasa berat karena sudah tidak ada yang menuntunnya, maka oleh Nabi, laki-laki tersebut disuruh datang ke masjid, berwudhu dan melaksanakan sholat, seperti yang diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh at thabrani .

Tekhnis Pelaksanaan Sholat Hajat

Jumlah rakaat sholat hajat yang masyhur ialah dua rakaat, sedangkan dalam kitab ihya’ ulumuddin sholat hajat bisa dilakukan sampai 12 rakaat.

8. Sholat tasbih

Penamaan sholat tasbih di karenakan sangat banyaknya bacaaan tasbih di dalamnya. Sholat tasbih merupakan salah satu ritual sholat yang dilakukan oleh nabi Muhammad sebagaimana yang di ajarkan pada paman beliau yakni sahabat ‘Abbas bin abdul Mutthalib ra., sholat tasbih di anjurkan untuk dilaksanakan pada setiap malam dan jika tidak mampu maka hendaknya dilakukan seminggu sekali, dapat juga di lakukan sebulan atau setahun sekali, dan jika masih belum bisa juga maka setidak-tidaknya sekali seumur hidup.

Tendensi hukum sunnahnya melaksanakan sholat tasbih diantaranya ialah hadist yang terdapat pada kitab sunan Abi Dawud yang diceritakan oleh Abbdurrahman Ibnu Basar Ibnu Hakam, dalam hadist tersebut Nabi berkata pada pamannya yaitu Al abbas, bahwa beliau akan memberikan sesuatu kepadanya, yang mana jika sesuatu tersebut ia (Al abbas) kerjakan maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah ia lakukan baik disengaja atau tidak, dilakukan secara terang-terangan atau sembunyi-sembunyi, dosa yang telah lewat atau yang baru dilaksanakan. sesuatu tersebut ialah sholat empat rakaat yang didalamnya terdapat bacaan tasbih , yang akhirnya lebih dikenal dengan sholat tasbih .

Tehnis Pelaksanaan Sholat Tasbih

Sholat tasbih dilaksanakan sebanyak empat rakaat, boleh dilaksanakan dengan satu salam atau dua salam (tiap 2 rakaat 1 salam) namun yang utama jika dilaksanakan pada siang hari hendaknya dilakukan empat rakaat dengan satu kali salaman, sedangkan jika di kerjakan saat malam hari maka empat rakaat tadi di jadikan dua salaman. Kalau di jumlah total bacaan tasbih yang dibaca dalam empat rakaat sholat tasbih sebanyak 300. dengan perincian sebagai berikut.

  • Setelah membaca Al Fatihah dan surat 15 kali.
  • Pada saat rukuk sesudah membaca do’a rukuk 10 kali.
  • Pada saat I’tidal sesudah membaca do’a I’tidal 10 kali.
  • Sujud pertama sesudah membaca do’a sujud 10 kali.
  • Setelah membaca do’a duduk diantara dua sujud 10 kali.
  • Sujud kedua sesudah membaca do’a sujud 10 kali.
  • Bangun dari sujud yang kedua, sesudah melaksanakan duduk istirohah 10 kali.
  • Jumlah dan tempat bacaan tasbih pada rakaat ke 2, 3, 4 sama persis dengan rakaat pertama, hanya saja pada rakaat ke 2, dan ke 4, bacaan tasbih sesudah bangun dari sujud yang kedua dibaca pada saat duduk tasyahud dan tempat membacanya boleh diletakkan sesudah do’a tasyahud atau sebelumnya.

Berikut ini ialah bacaan tasbih yang di baca pada sholat tasbih :

سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلّهِ وَلَاأِلهَ اِلَّا اللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعََلِيِّ الْعَظِيْمِ

Jika lupa tidak membaca tasbih pada salah satu rukun, maka bacaan tasbih yang ditinggalkan tersebut dibaca pada rukun thawil ( waktu rukuk, sujud atau berdiri ) sesudahnya, dan titak boleh dibaca pada rukun qashir. .

Sholat Sunnat Yang Dianjurkan untuk Dilaksanakan Dengan Berjamaah

1. Sholat ied (Hari Raya)

Sholat ‘ied atau hari raya ada dua macam, sholat Hari raya Fitri pada tanggal 1 Syawwal dan sholat Hari raya Adha pada tanggal 10 Dzilhijjah

Sholat hari raya hukumnya sunnah muakkadah (sangat dianjurkan) dan yang afdhol dilaksanakan dengan berjamaah. sedangkan waktunya mulai terbitnya matahari sampai zawal (condongnya matahari ke arah barat). Jumlah rakaatnya ada dua dan lebih afdhol dilaksanakan sesudah matahari kira-kira setinggi tombak.

Dalam sholat ied, tidak sunnah adzan dan iqamah, akan tetapi yang sunnah dengan lafadz “الصَّلاَةَ جَا مِعَةً” :

Tekhnis dan tata cara sholat hari raya :

1. Niat sholat ‘idul fithri, yaitu :

أُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْفِطْرِ إِمَامًا / مَأْمُوْماً ِللهِ تَعَالىَ

2. Niat sholat ‘idul adlha, yaitu :

أُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى إِمَامًا / مَأْمُوْماً ِللهِ تَعَالىَ

3. Pada waktu rakaat pertama sesudah membaca iftitah dan sebelum ta’awwudz, sunnah takbir sebanyak tujuh kali selain takbiratul ihram. Sedangkan pada waktu rakaat kedua sebelum membaca ta’awwudz dan fatihah sunnah takbir sebanyak lima kali selain takbir karena berdiri.

4. Mengangkat kedua tangan lurus dengan bahu pada tiap-tiap takbir (sebagaimana keterangan gerakan takbiratul ihram di bab sholat) .

5. Bagi imam dan makmum sunnah mengeraskan bacaan takbir

6. Pada rakaat pertama sesudah membaca surat fatihah, membaca surat al-A’la dan pada rakaat kedua sesudah fatihah membaca surat al-Ghosiyah

7. Bagi imam sunnah mengeraskan bacaannya

8. Sesudah sholat, sunnah khutbah dua kali, sebagaimana dua khutbah Jum’ah baik rukun ataupun sunnah-sunnahnya, namun saat permulaan khutbah yang pertama di sunnahkan membaca takbir sembilan kali secara kontinyu (tanpa di pisah bacaan lain) dan saat permulaan khutbah yang kedua di sunnahkan membaca takbir tujuh kali juga secara kontinyu.

9. Dalam khutbah hari raya Fithri, hendaknya khatib menyampaikan hal – hal yang berkaitan dengan zakat fithrah sedang dalam khutbah hari raya Adlha menyampaikan tentang qurban. Berikut ini contoh khutbah ied al-fithri dan ied al-adha ;

Kesunnahan-kesunnahan Pada Hari Raya :

  1. Mandi, waktunya mulai separuh malam sampai hendak melaksanakan sholat
  2. Tathoyyub atau memakai wangi-wangian (parfum)
  3. Berhias dengan pakaian yang paling bagus, memotong kuku, berangkat melalui jalan yang lebih jauh dan pulang dengan memilih jalan yang lain
  4. Bersodaqoh
  5. Mengerjakan sholat sunnah muthlak sebelum khutbah
  6. Makan sebelum pergi sholat hari raya Fitri, sedangkan pada hari raya Adlha sunnah tidak makan, kecuali sesudah sholat
  7. Membaca takbir muqoyyad dan mursal pada hari raya Adlha.sedangkan ketika hari raya ‘idul fitri hanya di sunnahkan takbir mursal saja di mulai ketika terbenamnya matahari hingga ketika imam berdiri untuk memulai sholat.
  8. Mushofahah atau bersalam-salaman
  9. Berangkat pagi-pagi sesudah sholat shubuh selain imam
  10. Menghilangkan bau tidak sedap
  11. Melaksanakan sholat dimasjid.

Bagi orang yang udzur tidak berjamaah sholat ied, jika belum zawal (matahari condong kebarat) maka sunnah melaksanakan secara ada’ (tepat waktu) dan jika sudah zawal maka sunnah mengqodlo’inya.

Sedangkan bagi ma’mum yang telat, tidak bersamaan imam mulai awal, harus takbir sejumlah yang ia ikuti bersama imam dan tidak boleh menambah. Contoh : pada rakaat pertama makmum hanya mengikuti satu takbir beserta imam, sedang imam sudah takbir ke tujuh, maka makmum tersebut harus takbir satu kali saja tanpa menambah sampai tujuh kali.

2. Sholat Khusuf

Berbicara sholat khusuf tidaklah terlepas dari gerhana itu sendiri, baik gerhana matahari atau gerhana rembulan, menurut ahli astronomi gerhana yang terjadi pada matahari disebabkan oleh rembulan yang menghalang-halangi antara matahari dan bumi sehingga sinar matahari tidak bisa sampai kebumi, sedangkan gerhana rembulan terjadi karena terhalangnya sinar matahari oleh bumi sehingga sinarnya tidak bisa sampai kebulan yang pada akhirnya terjadilah gerhana bulan, karena sinar bulan dari matahari.

Tendensi hukum sunnahnya melaksanakan sholat khusuf ialah sebuah hadits riwayat Bukhari-Muslim :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا يَكْسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّهُمَا آيَتَاَنِ مِنْ آيَاتِ اللهِ تَعَالى فَإِذَا رَأَيْتُمُوْهُمَا فَقُوْمُوْا وَصَلُّوْا { رواه مسلم }

Artinya : sesungguhnya matahari dan rembulan tidak mengalami gerhana di sebabkan kematian seseorang, melainkan keduanya merupakan bukti kebesaran Allah, maka saat kamu melihatnya (gerhana) dirikanlah sholat .(HR. Muslim).

Di samping hadits tersebut, kesunnahan sholat gerhana juga di dukung oleh ijma’ para ulama’, Berdasarkan hadits diatas hukum melaksanakan sholat khusuf ialah sunnah mu’akad bagi orang-orang yang berkewajiban melaksanakan sholat lima waktu, walaupun orang tersebut ialah seorang budak,wanita, atau seseorang yang dalam keadaan bepergian.

Tatacara melaksanakan sholat khusuf.

Seseorang yang akan melaksanakan sholat khusuf sunnah untuk mandi terlebih dahulu sebagaimana mandinya sholat jum’at, juga sunnah untuk memakai pakaian yang biasa digunakan untuk bekerja seperti halnya ketika akan melaksanakan sholat istisqo’.

Kaifiyyah atau tata cara melaksanakan sholat gerhana baik rembulan ataupun matahari ada tiga macam cara, diantaranya ialah :

  • Melaksanakan sholat 2 rakaat sebagaimana sholat 2 rakaatnya sholat sunnah dzhuhur.
  • Melaksanakan sholat 2 rakaat dengan melaksanakan dua kali rukuk dan dua kali qiyam (berdiri) pada setiap rakaatnya. Ini ialah cara melaksanakan sholat khusuf yang mendekati sempurna.
  • Melaksanakan sholat 2 rakaat dengan melaksanakan dua kali rukuk dan dua kali qiyam (berdiri) dan ditambah dengan membaca surat yang panjang pada tiap-tiap rakaatnya. Ini ialah cara melaksanakan sholat khusuf yang lebih sempurna.

Tata cara sholat khusuf yang lebih sfesifik, sesuai dengan tata cara yang lebih sempurna (tata cara yang nomer tiga) ialah :

Melakukan takbiratul ihram dengan disertai niat sholat khusuf dengan menta’yin sholat khusuf yang dilaksanakan apakah sholat khusuf syamsi atau qomar, semisal :

أُصَلِّي سُنَّةَ الكُسُوْفِ/ الخُسُوْفِ رَكْعَتَيْنِ لِلّهِ تَعَالىَ

Setelah membaca do’a iftitah dan ta’awud, membaca al fatihah sebagaimana sholat yang lain. Lalu dilanjutkan dengan membaca surat al-baqarah sampai selesai, lalu dilanjutkan dengan rukuk dan I’tidal, hal ini dilakukan pada posisi berdiri yang pertama di rakaat yang pertama.

Di saat berdiri yang kedua dalam rakaat yang pertama, sesudah ta’awud membaca al fatihah, selanjutnya membaca kira-kira seukuran 100 ayat yang sedang dari surat al baqarah, lalu dilanjutkan dengan rukuk, I’tidal, dua kali sujud, duduk diantara dua sujud sebagaimana sholat yang lainnya, maka sempurnalah pelaksanaan satu rakaat yang pertama dalam sholat khusuf.

Lalu dilanjutkan dengan melaksanakan rakaat yang kedua, tata cara pelaksanaannya sama dengan rakaat yang pertama, akan tetapi ada perbedaan dalam 2 kali berdiri yang ada pada rakaat yang kedua, yakni saat berdiri yang pertama sesudah membaca al fatihah membaca kira-kira 150 ayat yang seukuran ayatnya surat al baqarah, dan pada berdiri yang kedua dalam rakaat yang kedua membaca kira-kira 100 ayat yang seukuran ayatnya surat al baqarah.

Dalam kitab al-Buwaithi, al-Umm, dan muhtashar diterangkan bahwa pada saat qiyam (berdiri) yang kedua dari empat kali qiyam dalam dua rakaat, sesudah membaca al fatihah membaca surat ali Imran, atau ayat yang seukuran dengan surat tersebut ketika tidak hafal. Pada qiyam yang ketiga sesudah membaca al fatihah membaca surat an Nisa’ atau ayat yang seukuran dengan surat tersebut ketika tidak hafal. Pada qiyam yang keempat, sesudah membaca al fatihah membaca surat al Ma’idah atau ayat yang seukuran surat tersebut ketika tidak hafal.

Sedangkan pada rukuk yang pertama membaca tasbih kira-kira sekadar 100 ayat surat al Baqarah, pada rukuk yang kedua membaca tasbih kira-kira sekadar 80 ayat surat al baqoroh. Pada rukuk yang ketiga membaca tasbih kira-kira sekadar 70 ayat surat al Baqarah. Pada rukuk yang keempat membaca tasbih kira-kira sekadar 50 ayat surat al baqoroh.

Seorang makmum yang menemukan imam di rukuk yang pertama pada rakaat yang pertama atau yang kedua dalam sholat gerhana, maka ia (makmum) dianggap menemukan 1 rakaat seperti halnya sholat yang lain, namun jika ia menemukan imam dalam keadaan rukuk yang kedua atau berdiri yang kedua dari rakaat yang pertama atau yang kedua, maka menurut qoul yang adhhar ia dianggap tidak menemukan rakaat tersebut sehingga nantinya sesudah imam salam ia harus menambah 1 rakaat dengan 2 kali qiyam dan 2 kali rukuk secara sempurna.

Kesunnahan-kesunnahan dalam sholat khusuf

1. Dilaksanakan secara berjama’ah

2. Melaksanakan khutbah dua kali sesudah melaksanakan sholat khusuf, dengan tata cara sebagaimana khutbah jum’at. Dalam khutbah tersebut khotib mendorong / menganjurkan pada para sami’in untuk bertaubat dari dosa-dosa, melakukakan kebaikan-kabaikan seperti halnya memperbanyak membaca istiqfar, bersedekah dan lain-lain.

3. Sholat istisqa’

Pengertian sholat istisqa’ menurut istilah ialah mengharap turunnya air karena sudah lama tidak turun hujan, mengeringnya sumber air dll, Hukum melaksanakan sholat istisqa’ ialah sunnah mu’akkad bagi orang yang mukim dan orang yang bepergian baik dekat ataupun jauh.

Sebenarnya tehnis istisqa'(minta hujan) bukan hanya dengan melaksanakan sholat istisqa’ namun bisa juga dengan cara-cara sebagai berikut :

  • Berdo’a meminta hujan di sembarang waktu baik dengan lirih atau dengan mengeraskan suara.
  • Berdo’a meminta hujan sesudah melaksanakan sholat, pada saat khutbah jum’at atau pada saat – saat mustajabah.
  • Dengan melaksanakan sholat istisqo’ sebagaimana yang akan kami jabarkan, dan ini merupakan cara meminta hujan yang paling utama.

Dasar pelaksanaan sholat istisqa’ di samping hasil kongklusi para ulama’ (ijma’) ialah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dan Muslim;

رَوَى عَبَّادُ بْنُ تَمِيْمٍ عَنْ عَمِّهِ قَالَ خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَسْقِىْ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ جَهَرَ بِالْقِرَاءَةِ فِيْهِمَا وَحَوَّلَ رِدَاءَهُ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَاسْتَسْقىََ

Tehnis pelaksanaan sholat istisqa’

Pelaksanaan sholat istisqa’ sangat dianjurkan ketika curah hujan atau mata air berkurang, sedangkan pada waktu itu keberadaan air sangat dibutuhkan.

Sebelum melaksanakan sholat istisqa’ hendaknya imam terlebih dahulu mengeluarkan perintah kepada rakyatnya agar ;

a) Melakukan puasa selama tiga hari berturut-turut

b) Bertaubat

c) Melakukan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah dengan melaksanakan berbagai kebaikan semisal bersedekah, memerdekakan budak, dll,

Kemudian dihari yang keempat, Imam dan rakyatnya keluar menuju ke tanah lapang dengan khusyu’ dan dalam keadaan berpuasa, dengan memakai pakaian yang biasa digunakan untuk bekerja. Anak-anak kecil, orang yang sudah tua juga sunnah untuk ikut keluar menuju ke tanah lapang dimana sholat istisqa’ akan dilaksanakan, menurut qoul ashoh juga sunnah untuk mengeluarkan hewan-hewan ternak, dan hendaknya ditempatkan terpisah dari orang-orang yang akan melaksanakan sholat istisqa’ dan memisahkan antara induk dan anaknya ditempat yang agak berjauhan agar menimbulkan suara-suara gaduh yang nantinya diharapkan dapat menyebabkan dikabulkannya do’a istisqa’ , hal ini bertendensi dari sebuah hadist yaitu :

لَوْلاَ شَبَابٌ خُشَّعٌ وَبَهَائِمُ رُتَّعٌ وَشُيُوخٌ رُكَّعٌ وَأَطْفَالٌ رُضَّعٌ لَصُبَّ عَلَيْكُمْ الْعَذَابُ صَبًّا

Artinya : “seandainya tidak ada anak muda yang khusyu’, hewan-hewan yang mengeluarkan suara, orang tua yang bungkuk dan anak – anak yang menyusu, niscaya Allah akan menurunkan adzab”

Setelah sampai di lapangan, selanjutnya melaksanakan sholat istisqa’ sebanyak dua rakaat dengan niat ;

أُصَلِّي سُنَّةَ الإِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالىَ

Pada rakaat yang pertama sesudah takbiratul ihram, melaksanakan takbir sebagaimana sholat ‘ied sebanyak 7 kali dan sunnah membaca istighfar diantara takbir tersebut, selanjutnya dilanjutkan membaca do’a iftitah, ta’awudz, al fatihah, dan membaca surat ق menurut qaul ashah, atau membaca surat سبح اسم, lalu dilanjutkan rukuk, I’tidal dan seterusnya sebagaimana sholat yang lain.

Pada rakaat yang kedua, takbir sebanyak 5 kali selain takbir yang diucapkan ketika bangun dari sujud, lalu membaca ta’awudz, al-fatihah, membaca surat اقتربت menurut qaul ashah, atau الغاشية , selanjutnya melaksanakan rukuk, I’tidal dan seterusnya sebagaimana sholat yang lain.

Setelah selesai melaksanakan sholat dua rakaat diatas, sunnah untuk melaksanakan khutbah sebagaimana khutbahnya sholat ”ied baik dari segi rukun-rukun khutbah atau yang lainnya.

Hal-hal yang sunnah dalam khutbah istisqa’ :

Pada saat khutbah yang pertama khatib sunnah ;

1. Membaca istighfar sebanyak 9 kali pada permulaan khutbah sebagaimana sunnah membaca takbir sebannyak 9 kali pada permulaan khutbah ”ied. Adapun lafadz istighfarnya ialah sebagai berikut :

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِى لَاأِلهَ الاَّهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

2. Membaca doa yang biasa dilakukan oleh Rasulullah saat melaksanakan istisqa’ yaitu :

اللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيثًاِ هَنِيئًا مَرِيئًا مُرِيعًا غَدَقًا مُجَلَّلًا سَحًّا طَبَقًا دَائِمًا أَيْ إلَى انْتِهَاءِ الْحَاجَةِ اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنْ الْقَانِطِينَ اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَغْفِرُك إنَّك كُنْت غَفَّارًا فَأَرْسِلْ السَّمَاءَ أَيْ الْمَطَرَ عَلَيْنَا مِدْرَارً”ا

3. Pada saat khutbah yang kedua khatib sunnah :

a. Membaca istighfar sebanyak 7 kali pada permulaan khutbah

b. Menghadap kiblat disaat khutbah berlangsung kira – kira seperenam, selanjutnya membalikkan surban yang ia pakai dengan cara ; Memindahkan sisi surban yang ada pada pundak kiri ke pundak sebelah kanan dan sisi yang ada pada pundak kanan ke pundak sebelah kiri serta menempatkan posisi surban yang bawah keposisi yang atas. Pemindahan dan pembalikan surban tersebut juga diikuti oleh para hadirin yang mengikuti sholat istisqa’ dalam keadaan duduk. Surban yang telah dipindah dan dibalik posisinya dibiarkan seperti itu sampai mereka melepas baju yang mereka pakai saat sampai rumah.

c. membaca doa.

4. Dalam kedua khutbah sunnah :

a. Memperbanyak bacaan istighfar dan shalawat ditengah- tengah khutbah.

b. Memperbanyak bacaan berikut :

اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلْ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

c. memperbanyak bacaan :

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْم لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ


4. Sholat ِTarawih

Sholat Tarawih ialah sholat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari bulan Ramadlan. Sesuai dengan namanya yang berma’na istirahat, dalam tarawih dianjurkan istirahat setiap selesai sholat dua kali. Hukumnya sunnah muakkadah dan dianjurkan dengan berjamaah.

Sholat Tarawih mulai dianjurkan berjamaah pada masa Kholifah Umar bin Khottob RA, dimana pada saat itu beliau mengumpulkan masyarakat dan memerintahkan kaum lelaki untuk berjamaah sholat tarawih pada Ubay bin Ka’b ra, sedangkan kaum wanita berjamaah pada Sulaiman bin Abi Hatsmah ra.

Jumlah rakaat sholat tarawih, minimal dua rakaat, sedangkan batas maksimal dan yang afdhol ialah dua puluh rakaat dengan satu salam tiap dua rakaat. Konon menurut ulama’, hikmah dibalik anjuran pelaksanaan dua puluh rakaat ialah karena sholat rowatib selain tarawih berjumlah sepuluh rakaat, karena bulan Ramadlan merupakan bulan yang penuh rahmat dan maghfirah dan moment yang paling tepat untuk rajin beribadah, maka sholat tarawih yang merupakan rawatib khusus pada bulan Ramadlan dilipat gandakan jumlah rakaatnya agar umat islam dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda pula.

Waktu pelaksanaan sholat tarawih ialah sesudah sholat isya’ sampai fajar shadiq pada bulan suci Ramadlan. Tata caranya, sebagaimana sholat dua rakaat biasa, namun sesudah melaksanakan sholat dua kali, dianjurkan istirahat terlebih dahulu dan mengisinya dengan dzikiran maupun do’a.

Post a Comment for "Macam-macam Sholat Sunnah dan Niatnya"